Gerard Piqué

Gerard Piqué kembali ke FC Barcelona, pada musim panas 2008, dimana sebelumnya ia bermain di Manchester United selama 3 musim dan satu musim di Real Zaragoza. Pemain kelahiran 2 Febuari 1987 ini dari sejak kecil sudah menjadi penggemar FC Barcelona dan pada umur 10 tahun memulai karirnya sebagai pemain sepak bola di kategori pemula, Alevín B.A. Kemudian Piqué masuk ke kategori Cadete B, dimana ia dilatih oleh Tito Vilanova. Selama perjalanannya merintis karir di dunia sepak bola, Piqué menunjukan keberhasilannya beradaptasi di berbagai posisi di lapangan dan mempunyai kapasitas sebagai pemain pertahanan.
Di akhir musim 2003/04, Gerard Piqué beristirahat sejenak dari ´azulgrana´dan pergi ke Manchester United. Dengan tim Inggris ini ia memulai debutnya di pertandingan resmi pada 26 Oktober, tiga minggu kemudian setelah ia bergabung, dalam pertandingan Piala Liga Inggris melawan Crewe Alexandra. Pada musim 2006/07, ia bergabung ke tim Real Zaragoza. Di satu musim tersebut, Pique berpartisipasi di berbagai macam posisi. Pemain kelahiran Catalonia ini berpartisipasi dalam 22 pertandingan Liga, 18 sebagai pemain dan memasukan dua gol.
Di musim 2007/08, ia kembali ke Manchester United dan dapat berpartisipasi pada kemenangan besar doblete di Premier dan Liga Champions.
Di musim pertamanya sebagai azulgrana, Piqué menunjukkan kebolehannya di posisi bertahan. Ia sanggup menahan bola dari belakang dan dengan mudah menyerang. Gol 2-6 di Bernabeu adalah contoh terbaiknya.
Di musim keduanya ia merupakan salah satu dari pemain terbaik dunia, bersama - sama dengan Puyol dan memenangkan Liganya yang kedua dengan FC Barcelona.
Di tahun ketiga, Pique semakin sering menjadi protagonis di posisi pertahanan dikarenakan cedera yang dialami oleh Milito dan Puyol dan penyakit yang diderita Abidal. Tahun 2010/11 adalah musim dimana ia bermain paling banyak: 51 pertandingan resmi. Bertemu kembali dengan eks tim nya Manchester United, di final Liga Champions dan membantu memenangkan gelar tersebut.
Di musim keempat, cedera yang dialaminya menghambat keberadaannya di beberapa pertandingan, tetapi turut membantu memenangkan Supercopa Spanyol, Piala Dunia Antar Klub dan Copa del Rey. Pengalamanya bermain dengan tim nasional, Pique berpartisipasi di Dunia sub-20 tahun 2007 di Kanada, Eropa sub-19 tahun 2006 di Polonia ( dimana keluar sebagai pemenang ) dan Eropa sub-17 di Perancis pada tahun 2004 (dimana keluar sebagai runner-up). Pada 11 Febuari 2009 membuat debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Inggris dengan tim nasional absolut, dimana ia juga bermain pada kompetisi resmi Piala Konfiderasi di Afrika Selatan pada tahun 2009.
Sejak saat itu ia selalu bermain untuk tim nasional di posisi bertahan. Itu ditunjukkannya pada Piala Dunia di Afrika Selatan. Piqué bermain dalam tiap menit membela timnya. Ia berperan penting dalam pengembangan permainan sepak bola di Spanyol.

Piqué membuat debut officialnya dengan jersey blaugrana pada 13 Agustus 2008 di laga Liga Champions melawan Wisla Cracovia. Laga berakhir dengan skor (4-0).

PROFIL TEHNIK

Pemain kelahiran Catalonia ini adalah gelandang bertahan yang tinggi besar (dengan tinggi 193 cm dan berat 85kg). Dengan karakter fisiknya dan permainan tehnik yang baik membuatnya menjadi pemain yang dominan di udara.
Ia juga dapat mengaplikasikannya dalam permainanya yang ofensif. Selain bermain di belakang tengah, Pique juga dapat bermain di depan bek pertahanan seperti yang ia lakukakan sebelumnya di tim terdahulunya Real Zaragoza.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marc-André ter Stegen

Sejarah FCBarcelona